Sunday, February 2, 2014

Bintang Satya Wirany : Seni Tari Sebagai Identitas

Perempuan kelahiran kota Hujan ini sudah mempunyai banyak prestasi dan pengalaman dalam dunia seni tari. Dari pementasan yang sederhana hingga menjadi perwakilan KBRI (Kedutaan Besar Republik Indonesia) di Thailand. Bermodal belajar seni tari dari Sang Ibu, hingga perguruan tinggi yang sekarang sedang ditekuninya.


Bintang Satya Wirany, perempuan kelahiran 29 oktober 1993 ini adalah seorang penari yang memang belum banyak dikenal banyak orang. Akan tetapi, prestasi dalam seni tari bisa dibanggakan. Hal tersebut bisa dibuktikan karena dengan ikut sertanya berbagai pentas seni tari baik di dalam negeri hingga di luar negeri.

Bintang Satya Wirany




berikut wawancara yang Saya lakukan dengan Bintang :

  • Saya : Apa yang membuat Anda memilih seni tari ?
  • Bintang : Aku memilih seni tari karena menurut Aku, seni tari itu cukup menyenangkan dan sejak kecil sudah menjadi hobi.
  • Saya : Menurut Anda, seni tari itu apa ? 
  • Bintang : Menurut Aku, seni tari adalah suatu gerkan yang ritmis, berpola, dan memiliki nilai estetis dalam setiap geraknya.
  •  Saya : Sejak kapan Anda mendalami seni tari ?
  •  Bintang : Aku belajar seni tari sejak kelas 1 SD. tetapi, Aku mulai mendalaminya sejak SMA. ketika itu Aku ikut sebuah sanggar seni tari di bogor.
  •  Saya : Siapa tokoh yang menjadi inspirator bagi Anda dalam seni tari ? Bisa Anda jelaskan sebabnya ?
  •  Bintang : Tokoh yang menjadi inspirasi Aku dalam seni tari adalah Ibuku sendiri. Karena beliau yang pertama kali memperkenalkanku dengan seni tari dan beliau juga seorang penari yang pandai menurutku. Untuk tokoh yang profesional, Aku belum mempunyai inspirator.
  •  Saya : Tarian apa saja yang sudah Anda kuasai ?
  •  Bintang : Sebenarnya cukup banyak tarian yang sudah Aku pelajari ketika dari sanggar hingga saat ini Aku kuliah. Tetapi, Aku lupa lagi (tertawa). Untuk saat ini, tarian yang Aku kuasai adalah Tari Topeng Klana Priangan dan Tari Topeng Klana Cirebon. Aku sangat menyukai tari topeng. Karena, menurut Aku, tari topeng itu sangat berkarakter dan tidak mudah untuk menguasainya.
  • Saya : Adakah pandangan mengenai seni tari ?
  •  Bintang : Menurut Aku, seni itu adalah suatu hal yang mahal. Mahal bukan berarti komersil. Tetapi, mahal karena untuk menciptakan sebuah seni itu tidaklah mudah. Walaupun seni tari adalah hiburan. Tetapi, tetaplah seni. Seorang dosen pernah berkata "Tidak semua orang bisa melakukan apa yang kami lakukan. Ya, mungkin gerak saja bisa. Tetapi, apakah ada keindahan dalam gerak tersebut ?" 
  • Saya : Menyinggung keindahan gerak. Bagaimana pandangan Anda terhadap penari erotis ?
  • Bintang : Menurut Aku, penari erotis yang umumnya disebut hal yang negatif, bagi kaum yang mengerti, tari erotis memiliki keindahan tertentu yang pada anak seni tari sekalipun belum tentu bisa melakukannya. karena membutuhkan mental yang kuat dan bentuk tubuh yang indah.
  •  Saya : Adakah tujuan-tujuan dalam seni tari ?
  • Bintang : Tujuan Aku ingin menyalurkan ilmu seni tari yang selama ini Aku pelajari kepada para generasi berikutnya yang ingin belajar menari dan mencintai seni tari. Aku ingin memperkenalkan kepada dunia bahwa tarian dari negeri ini beragam dan memiliki khas yang unik dari setiap penciptanya. Aku ingin memiliki sebuah sanggar seni sendiri untuk berbagi kepada masyarakat di lingkunganku dan ingin membuktikan bahwa identitas seniman itu tidak negatif di mata masyarakat awam.

  •  Saya : Ada pesan-pesan bagi para seniman tari yang sedang belajar ?
  •  Bintang : Pesan yang dapat Aku sampaikan adalah teruslah belajar menari dan terus kembangkan kreativitas dalam menari. Jadikan seni tari sebagai identitasmu.


Berikut ini adalah presatasi-prestasi yang telah ia dapatkan :

  • Juara lomba tari jaipong rampak tahun 2005 tingkat kabupaten
  • Juara 2 lomba jaipong tunggal tahun 2006 tingkat kabupaten
  • Tari saman terpanjang tahun 2009 di balai sarbini
  • Ikut berpartisipasi acara Rekor 10.000 Angklung di GOR IICC
  • Ikut berpartisipasi dalam acara 24 jam menari di Institut Seni Indonesia Solo
  • Menjadi peserta lomba pasanggiri upacara adat sekota Bandung
  • Menjadi penari dalam acara upacara adat di bogor dan bandung
  •  Mewakili Indonesia untuk menari di KBRI Bangkok dalam acara HUT RI tahun 2013
  • Menjadi Duta Seni Indonesia untuk misi memperkenalkan kebudayaan Indonesia di Bangkok

Beberapa Dokumentasi :
.











No comments:

Post a Comment